G
N
I
D
A
O
L

Profil Sekolah

SMAS Unggul Ar-Rahman merupakan sekolah berasrama yang dibina oleh Lembaga Pendidikan Pondok Pesantren (LP3) Ar-Rahman) yang menitik beratkan terhadap keunggulan dalam proses akademik, keterampilan dan pembinaan akhlak mulia. Sekolah mulai beroperasi dari tahun 2009 – sekarang. Desain kurikulum yang diterapkan adalah perpaduan antara pendidikan umum dari Dinas Pendidikan dan pendidikan keagamaan/ kepesantrenan. Dengan pendekatan ini semua mata pelajaran dan semua kegiatan sekolah tidak lepas dari bingkai ajaran dan pesan nilai Islam.

Perpaduan antara keilmuan agama dan umum terimplementasi dalam proses pembelajaran di kelas, yaitu dengan mengintegrasikan nilai-nilai keislaman pada semua mata pelajaran yang nantinya akan mempengaruhi karakter/akhlak peserta didik. Dengan demikian, indikator pencapaian belajar siswa tidak hanya diukur dengan tercapainya sebuah kompetensi tetapi juga ditekankan pada komitmen siswa dalam menjaga nilai-nilai Islam yang dipelajari.

Sejak operasionalnya, SMAS Unggul Ar-Rahman telah meluluskan/ mewisuda 12 Angkatan yang dibekali dengan kemampuan spiritual, sosial, pengetahuan, dan keterampilan yang sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan kompetensi lulusan yang memiliki hafalan al-Quran dengan kualitas yang sangat baik serta tingginya keterserapan lulusan di perguruan tinggi favorit, baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Visi dan Misi

Visi

Menghasilkan generasi penerus yang berakhlak mulia, cerdas, dan humanis dengan landasan iman dan taqwa

Misi

  1. Mengajarkan nilai-nilai keagamaan,
    kemanusiaan, ilmu pengetahuan dan teknologi;
  2. Menanamkan pembiasaan akhlak mulia;
  3. Melaksanakan Pendidikan kecakapan hidup secara terpadu dan efektif;
  4. Mengembangkan toleransi antarsesama.

Tujuan

Tujuan Jangka Panjang

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan siswa kepada Tuhan Yang
    Maha Esa ;
  2. Mengembangkan potensi siswa agar menjadi warga negara yang
    berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, demokratis,
    dan bertanggung jawab.
  3. Mengembangkan potensi siswa agar memiliki wawasan kebangsaan,
    memahami dan menghargai keanekaragaman budaya bangsa
    Indonesia.

Tujuan Jangka Menengah

  1. Mengembangkan potensi siswa agar memiliki kepedulian terhadap
    lingkungan hidup, dengan secara aktif turut memelihara dan
    melestarikan lingkungan hidup, serta memanfaatkan sumber daya
    alam dengan efektif dan efisien.
  2. Melaksanakan kegiatan pengembangan diri yang memungkinkan
    peserta didik mengembangkan minat dan bakatnya melalui berbagai
    kegiatan ekstrakurikuler.

Tujuan Jangka Pendek

  1. Mengintegrasikan pembelajaran keterampilan hidup (Life Skill) serta
    pendidikan budaya dan karakter bangsa dalam berbagai mata
    pelajaran
  2. Mempersiapkan lulusan untuk meneruskan ke jenjang yang lebih
    tinggi.